Bagaimana Cara Saya Belajar Visual Basic?




Bagaimana cara Anda mempelajari visual basic sebenarnya tergantung pada banyak faktor yang Anda punya.
Saya akan coba berbagi pengalaman bagaimana cara saya mempelajari visual basic hingga bisa membuat program atau software.

Berawal dari melihat software-software kecil menarik seperti zodiak, permainan atau game-game kecil saya mulai tertarik dengan pemrograman. Cari tau mulai dari mana mempelajari program. Waktu itu internet masih mahal menurut ukuran kantong saya sehingga akses internet hanya bisa dilakukan sekali-sekali. Yang lebih terjangkau harganya adalah buku-buku visual basic.

Ya saya banyak sekali membeli buku-buku visual basic dengan berbagai judul. Namun memang belajar program tidaklah semudah membaca berbagai judul buku dan mempraktekkannya.
Masih ada kendala atau mungkin masih ada jarak antara pengetahuan dasar Saya dengan tulisan dan latihan yang disajikan oleh buku-buku visual basic yang sudah saya beli.

Forum-forum diskusi atau mailing list tentang visual basic juga banyak saya ikuti. Tapi menurut pengalaman saya tanya jawab di forum bukanlah hal yang terbaik bagi pembelajar yang sangat pemula sekali. Untuk terjun di forum-forum diskusi visual basic sebaiknya memiliki dasar ilmu dari pemrograman visual basic itu sendiri.

Pencarian saya dengan visual basic masih berlanjut terus-menerus judul buku yang kelihatannya mudah bukanlah jaminan Anda langsung bisa membuat program dengan visual basic. Jadi bagaimana solusinya? Anda mungkin masih harus berjalan dan mencoba sesuatu yang cocok dan masuk dengan logika Anda.

Kuncinya Anda harus membuat software dan latihan menggunaan kode-kode visual basic untuk keperluan software Anda itu. Kalau saya untuk latihan sering membeli buku untuk pembuata software zodiak (sekarang saya paketkan di ebook saya yang berjudul E-BOOK TRIK DASAR BELAJAR VISUAL BASIC 6.0  ) belum puas dengan program zodiak saya juga membuat program psikologi tes personality. Programnya juga saya sertakan di e-book saya itu.

Sedikit bisa membuat program sederhana karena program zodiak bagus dibuat untuk melatih logika dasar dalam pelajaran pemrograman. Jelas saja waktu itu saya tidak pernah memikirkan struktur ataupun bagaimana membuat kode yang efisien. Yang penting kode jalan sudah cukup.

Ya ini bisa menjadi langkah awal bagaimana mempelajari program yang penting jalan dulu sesuai dengan sesuatu yang Anda mengerti nanti bisa disempurnakan kemudian.

OK. Saya sudah bisa membuat program sederhana waktu itu. Textbook, e-book yang berhubungan dengan visual basic selalu saya kumpulkan untuk saya pelajari. Ini mungkin bisa jadi tips. Jangan terlalu banyak belajar tetapi Anda tidak mengetahui sampai mana level Anda sebenarnya. Oleh karena itu segeralah terjun untuk membuat projek. Demi ini dulu saya pertaruhkan pekerjaan sebagai network Administrator di salah satu kantor. Saya tinggalkan pekerjaannya demi mengejar ingin mengerjakan project program.

Setelah Anda terjun mengerjakan project program rasa percaya diri Anda akan tumbuh mengerjakan project apapun.
Mudah-mudahan bermanfaat ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel